Kamis, 30 November 2017

Keajaiban Di Balik Danau Belerang,Kawah Ijen - Jawa Timur


Kawah Ijen terletak di puncak gunung ijen, gunung ijen termasuk gunung berapi seperti Bromo,Semeru dan Merapi. Terletak di daerah Jawa Timur, Banyuwangi,Kabupaten Bondowoso. Kawah Ijen memiliki ketinggi sekitar 2.368 Mdpl, yang menarik dari kawah ijen adalah memiliki kaldera yang luasanya terbersar di pulau jawa,luasnya sekitar 20 km dan ukuran kawahnya 960 m x 600 m dan kedalamnya mencapai 200 meter. Kawah Ijen sudah masuk Kawah terbesar di dunia. Ternyata Kawah Ijen menyajikan pesona yang indah dilihat contohnya adalah warna dari kawah ijen tersebut hijau agak kebiruan.
Suhu pada Kawah Ijen dingin sekitar 2 derajat sehingga para wisatawan harus memakai pakaian hangat agar tidak terkena hipotermia. Gunung ijen meliliki kesamaan pada gunung Merapi karena bentuk Gunung ijen di pandang saat matahari pagi.
Untuk menuju ke Kawah Ijen wisatawan berjalan kaki menelusuri jalan setapak tidak lupa harus membawa masker penutup hidung agar tidak menhgirup asap dari bau belerang. Perjalanan tersebut ditembuh jarak yang cukup lama sekitar 8 sampai 10 jam.
Kawah Ijen terdapat banyak Belerang, biasanya masyarakat setempat mendapat penghasilannya dari itu. Penduduk disana bisa membawa beban belerang dengan jarak cukup jauh dan beban belerang mencapai puluhan kilo. 
Di sekitar lereng kawah terhampar pohon Manisrejo(Cantiqi) yang berdaun kemerahan,sedangkan batuan dinding kawah berwarna belerang,kekuningan,kondisi inilah yang membuat panorama alam disitu begitu mengesankan untuk dinikmati.



Ada 13 fakta dari kawah Gunung Ijen yaitu
#1 Gunung ijen terdapat di daerah banyuwangi dan salah satu gunung berapi aktif di jawa.
#2 Terdapat tambang belerang aktif yang dikelola  PT. Candi Ngribi
#3 Setiap harinya ada 200 pekerja yang menambang belerang
#4 Belerang belerang yang sudah diambil akan dikelola sebagai kebutuhan sehari-hari seperti kosmetik,bahan vulkanisir ban dan lain-lain.
#5 Terdapat api biru yang berada di Kawah ijen tersebut panas dari api tersebut mencapai 360 derajat Celcius.
#6 Waktu terbaik untuk melihat api biru tersebut sekitar jam 05.00
#7 Fenomena api biru pertama dilihat oleh masyarakat pada tahun 1950
#8 Pada tahun 2012 gunung ijen sempat berstatus siaga tetapi sekarang normal kembali.
#9 Kaldera kawah ijen menjadi yang terluas didunia karena luasanya mencapai 20 kilometer.
#10 Danau Kawah ijen adalah danau asam tingkat tinggi yang terluas di dunia.
#11 Selain memiliki tingkat keasaman tinggi danau kawah ijen memiliki suhu 200 derajat dan           sebaliknya di malam hari 2 derajat.
#12 Terdapat banyak warung di pinggiran kawah ijen
#13 Gunung ijen tidak sendirian karena Gunung ijen di kelilingi banyak gunung.






Itulah ulasan mengenai Objek Wisata Kawah Gunung Ijen, semoga ulasan tadi bisa menjadi referensi untuk Anda yang akan mengunjungi tempat ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar