Kamis, 30 November 2017

KEUNIKAN DARI DANAU KELIMUTU - FLORES,NTT



Danau Kelimutu adalah danau yang terletak pada kawah gunung kelimutu yang terletak di pulau Flores, provinsi NTT. Danau kelimutu memiliki keindahan tiga warna yaitu merah,biru,dan putih perubahan warna tersebut diselangi waktu tertentu. Danau ini berada pada ketinggian 1.631 Mdpl. Danau Kelimutu berasal dari nama “keli” yang berarti gunung dan “mutu” berarti mendidih. Warna-warna dari Danau Kelimutu meiliki arti yang berbeda-beda karena masyarakat disana memiliki kepercayaan yyang telah di wariskan oleh nenek moyang jaman dulu.
Luas dari danau itu sendiri yaitu sekitar 1.051.000 meter persegi. Keindahan dari Danau Kelimutu itu sudah terdaftar di Taman Nasional Indonesia sehingga wisatawan lokal atau manca negara bisa datang di sana. Untuk bisa kesana dari ibukota provinsi NTT memperlukan waktu sekitar 40 menit dengan menggunakan alat transpotasi berupa mini bus tetapi untuk menuju ke puncak gunung menempuh jarak 2,5 km.

Danau Kelimutu adalah salah satu tempat wisata terfaforit di NTT dan juga lambang dari uang 5000 ribu rupiah jaman dulu.

9 Hal yang biasa ditemukan dari Danau Kelimutu yaitu: 

  • Berteduh Dibawah Rimbunnya Pohon Kemiri Setinggi 2 Lantai

Pohon tersebut biasanya di buat sebagai tempat istirahat para wisatawan karena pohon tersebut sangat besar dan rimbun cocok untuk melepat penat saat berjalan.
  • Tebing Curam Dan Monyent Penjaga.

Setelah berhenti di pohon kemiri berjalan menuju tebing curam yang indah di pandang biasanya wisatawan yang melihat curamnya tebing melihat monyet yang ada disana.
  • Keindahan Danau Tiwu Nawa Muri Fai Dan Tiwu Ata Polo.

Di dua danau tersebut memiliki dua warna yang berbeda yaitu warna Hitam Pekat dan Warna Hijau danau tersebut berdampingan dan di pisahkan oleh tebing yang berbentu cekung sehingga dapat dilihat dengan bagus.

  • Tiwu Ata Mbupu “Tempat Berkumpulnya Arwah”

Disebut berkumpulnya arwah dikarenakan orang meninggal belum menikah dan ada juga orang yang meinggal muda itu kata dari nenek moyang masyarakat setempat.
  • Melemaskan otot di tugu pelepas lelah.

Setelah berjalan sekian jauh dari bawah sampai lah di tugu pelepas lelah dinamakan seperti itu karena pemandangan disana bagus dan pas menghadap ke Danau Kelimutu.
  • Sunrise gagah menang;

Disana para wisatawan dapat melihat sunrise karena pas di atas puncak gunung pada jam 05.00 WITA. Sembari duduk menunggu datang nya sunrise dan sambil mengabagi kan foto bersama keluarga.
  • Mitos perubahan warna danau kelimutu.

Dari penelitian tersebut Danau Kelimutu mengatakan bahwa didasar danau banyak material dan komposisi menjadikan danau berwarna.
  • Festifal memberikan makan leluhur.

Memberi makan leluhur di lakukan setiap tahun dan para penduduk setempat memberi nama “        pati ka” biasanya masyarakat setempat memberi daging babi dan di sertai tarian khas dari sana.
  •  Meleburnya budaya barat dan adat ketimuran.

Biasanya masyarakat disna memberikan sambutan kepada turis asing manca negara sambutan tersebut bisa secara tarian atau memakan makanan setempat.

Suhu udara yang berada di Danau Kelimutu sekitar 10-15 derajat sangat cocok untuk menyegarkan diri dari masalah-masalah yang dihadapi. Danau Kelimiutu menyimpan banyak legenda yang di percaya masyarakat setempat salah satu contoh dari legenda tersebut adalah Danau ini di penuhi oleh arwah yang menghuni danau tersebut. Biasanya masyarakat setempat menyelenggarakan sesaji kepada Danau kelimutu. Dikarenakan Danau kelimutu seperti hidup dalam lingkup masyarakat setempat. Itulah ulasan singkat dari Danau Kelimutu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar