Kamis, 30 November 2017

Kearifan Lokal Danau Beratan Bedugul


Bedugul adalah sebuah daerah atau kawasan wisata Bali yaang terletak di desa Candikuning, kecamatan Baturiti, kabupaten Tabanan, terletak kira-kira 54 km dari Denpasar. Danau Bedugul di pulau Bali ini sebenarnya bernama Danau Beratan. Bedugul sendiri merupakan nama sebuah desa di Bali. Karena obyek wisata di daerah ini terkenal karena danaunya maka orang-orang menyebutnya dengan sebutan Danau Bedugul.
Bedugul  Bali adalah sebuah daerah pegunungan yang mempunyai udara yang sejuk dengan pemandangan yang indah dari danau Beratan/Bratan yang membuat daerah ini terkenal dan wajib dikunjungi jika berkunjung ke Bali dan menjadi salah satu tujuan wisata di pulau Dewata yang dikunjungi ribuan wisatawan baik lokal maupun internasional. Keindahan alam berupa pegunungan yang melatar belakangi Danau Bedugul cukup memberikan penyegaran pada kedua mata. Keindahan lain terlihat dengan adanya pura yang ada di tengah-tengah danau. Pura tersebut bernama Pura Ulun Danu. Pura yang terletak di Desa Beratan ini memiliki arsitektur yang sangat khas dan mencirikan Bali. Pura Ulun Danu memiliki atap yang bertingkat ada yang memiliki 7 tingkat, 11 tingkat dan adapula yang hanya 3 tingkat. Atap bertingkat tersebut sebagai simbul 3 Dewa yang diperyai oleh masyarakat penganut agama Hindu di Bali. Pura dengan 11 tingkat menyimbulkan Dewa Wisnu, 7 tingkat menyimbulkan dewa Brahma sedangkan 3 tingkat menyimbulkan Dewa Siwa. Jika sobat ingin melihat keindahan Pura Ulun Danu ini tengoklah pada uang kertas 50 ribu.







Objek wisata Bedugul Bali juga di fasilitasi oleh beberapa akomodasi yang memadai seperti hotel, villa, restoran dan juga terdapat wisata air di kawasan danau Bratan seperti bermain kano, jetski, ataupun parasailing.
Danau Bedugul memiliki kedalaman hingga 23 meter. Para wisatawan biasanya menikmati keindahan Danau Bedugul dengan menggunakan perahu untuk mengelilingi danau. Banyak juga pasangan muda-mudi menggunakan lokasi Danau Bedugul di Bali untuk berfoto-foto bahkan untuk foto pre-wedding. Selain digunakan sebagai obyek wisata, Danau ini digunakan sebagai sumber air untuk irigasi oleh masyarakat sekitarnya. Beberapa fasilitas penunjangpun cukup lengkap diantaranya toilet, area parkir yang luas, warung-warung dengan menu yang cukup menggugah selera, serta taman bermain untuk anak. Bagi sobat yang ingin berlama-lama disini, sobat bisa memilih beberapa penginapan yang pas dengan isi kantong.
Akses menuju Danau Bedugul sejatinya sangat mudah, mengingat lokasinya yang berada di tepi jalan raya yang menghubungkan antara Singaraja dan Tabanan. Jika ditempuh dari Denpasar memerlukan waktu setidaknya 1 jam atau berjarak 55 km.
Jika berkunjung ke Pulau Bali wajib mengunjungi Danau Bedugul ini.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar