Kamis, 30 November 2017

WAKATOBI SURGA BAWAH LAUT YANG MENAKJUBKAN

Taman Nasional Wakatobi berada di pulau Sulawesi  Tenggara yang mempunyai keindahan alam bawah laut. Pulau wakatobi sendiri biasa menjadi temapat Diving&Snorkling diseluruh dunia. Banyak biota laut yang masih ada dan terjaga dengan baik di pulau wakatobi sendiri sehingga banyak wisatawan yang datang kesana. Biota laut itu sendiri terdiri dari terumbu karang. Dari sulawesi menuju ke pulau wakatobi itu sendiri melalui kapal cepat dari kendari sekitar 1 jam perjalanan. Di wakatobi sendiri  biasanya digunakan sebagai ajang lomba foto bawah laut yang di minati oleh berbagai negara. Di lihat dari letaknya Wakatobi itu sendiri terletak pada segi tiga karang dunia yang saat ini berada pada taman naisonal yaitu, Indonesia,Malaysia,Philipina,Papua New Guiena.


Menurut ilmu perikanan dan kelautan akibat pertemuan laut tersebut terjadilah perputaran arus. Hal ini menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan termbukarang menjadi lebih cepat. Luas dari pulau wakatobi itu sendiri yaitu sekitar 9 ribu hektar atau 1/7 luas dari pulau bunaken. Kepulauan wakatobi setiap tahunnya memiliki jumlah wisatawan yang berkunjung sebanyak 300 juta setiap tahunnya maka tidak heran wakatobi terkenal sampai ke berbagai negara.


Taman Nasional Wakatobi juga menjadi tempat beberapa jenis burung laut seperti angsa-batu coklat (Sula leucogaster plotus), cerek melayu (Charadrius peronii) dan raja udang erasia (Alcedo atthis). Beberapa jenis penyu juga menjadikan taman ini sebagai rumah mereka, seperti penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu tempayan (Caretta caretta), dan penyu lekang (Lepidochelys olivacea).
Perairan Wakatobi memiliki "tamu" setia yang menjadikan perairan Wakatobi sebagai taman bermainnya. "Tamu" itu tidak lain dan tidak bukan adalah ikan paus sperma (Physeter macrocephalus).
Biasanya, kawanan paus sperma berada di Wakatobi pada bulan November, saat belahan bumi lain membeku. Pada bulan tersebut, perairan Wakatobi relatif lebih hangat dan berlimpah pakan yang bisa mengenyangkan perut kawanan paus.
Wakatobi juga menjadi tempat bermain ikan pari manta (Manta ray) yang ukuran tubuhnya tergolong raksasa. Pari manta merupakan salah satu jenis ikan yang khas dan unik, yang hanya terdapat di perairan tropis.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar